SKRIPSI MEMBACA KRITIS

“EFEKTIFITAS PENGGUANAAN METODE INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS “

ABSTRAK

Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah pada prinsipnya agar siswa memiliki keterampilan berbahasa sesuai dengan konteks yang mencangkup empat aspek, yaitu terampil menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu aspek harus dimiliki siswa adalah keterampilan membaca. Beredasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian sebagai berikut : (1) apakah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon telah memiliki keterampilan membaca kritis dengan baik sebelum uji coba pembelajaran ?; (2) apakah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon telah memiliki keterampilan membaca kritis dengan baik setelah  uji coba pembelajaran menggunakan metode inquiri ? (3) efektifitas penggunaan metode inquiri dalam  pembelajaran membaca kritis. Adapun tujuan dari penelitaian ini adalah sebagai berikut : (1) mendapatkan data mengenai siswa kelas VII  SMP Negeri 9 Cirebon dalam membaca kritis dengan menggunakan metode inquiri sebelun uji coba pembelajaran, (2) mendapatkan data tentang kemampuan siswa dalam membaca kritis dengan menggunakan metode inquiri setelah uji coba pembelajaran, (3) efektifitas penggunaan metode inquiri dalam uji coba pembalajaran membaca kritis pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon Tahun Ajar 2008/2009.

Hipotesis yang dapat penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon Kabupaten Cirebon Tahun Ajar 2008/2009 telah menguasai bahan pembelajaan membaca kritis pada kategori tergolong “baik sekali” setelah siswa mengikuti uji coba pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri, walaupun sebelum uji coba pembelajaran kemampuan siswa baru pada kategori “cukup”, sehingga metode inquiri efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan.

Berdasarkan pembahasan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) rata-rata hasil nilai pretes adalah 5,5 atau 55 %sehingga tingkat kemampuan siswa pada kategori cukup dalam memahami bahan pembelajaran; (2) rata-rata hasil nilai postes adalah 8,68 atau 86,8 % sehingga tingkat kemampuan siswa mengikuti uji cooba pembelajaran dengan menggunakan motode inquiri; (3) metode inquiri ternyata efektif untuk dugunakan dalam pembelajaran tersebut, karena dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Simpulan yang diperoleh adalah , siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon Kabupaten Cirebon tahun ajar 2008/2009 telah menguasai bahan pembelajaran membaca kritis, yakni pada kategori baik sekali setelah siswa mengikuti uji coba pembelajaran dengan  menggunakan metode inquiri, walaupun sebelum uji coba pembelajaran kemempuan siswa baru pada kategori cukup. Sehingga metode inquri efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan.

CALL 081326911811/ KOMENTAR (PASTI DIKIRIM free)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: