PTK MATEMATIKA

Cara Mudah Menanamkan Konsep Dasar

Operasi Hitung Bilangan Bulat  di Kelas V Sekolah Dasar

(Juara II Guru Kreatif  se- Jawa Bali 2008)

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan perkembangan budi daya manusia. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Kemajuan  pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini pun  dilandasai oleh perkembangan matematika.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar merupakan dasar bagi penerapan konsep matematika pada jenjang berikutnya. Konsekwensinya dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar harus mampu menata dan meletakkan dasar  penalaran siswa yang dapat membantu mamperjelas menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan berkomunikasi dengan bilangan dan simbol-simbol, serta lebih mengembangkan sikap logis, kritis, cermat, disiplin, terbuka, optimis, dan menghargai Matematika.

Namun demikian perkembangan pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar dewasa ini masih  memprihatinkan sekali. Indikasi faktualnya adalah  sangat buruknya minat dan prestasi siswa. Matematika menjadi suatu mata pelajaran yang sangat menakutkan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh edukasi yang kurang menyenangkan. “Pengalaman kurang menyenangkan ini berasal dari suasana belajar mengajar Matematika di kelas. Metode yang diterapkan guru terlalu mekanistik dan satu arah saja” (Elen Fredman dalam Sumarjono, 2003 : 27).

Berdasarkan data keberadaannya, dalam mengajarkan matematika didominasi oleh proses belajar mengajar dengan menggunakan latihan-latihan yang terdapat di buku-buku teks. Kita mengenal Manajemen Barbasis Sekolah (MBS), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Quantum Teaching, Life Skill, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pakem dan masih banyak yang lainnya merupakan upaya pembelajaran yang sedang populer diterapkan para pengajar dalam upayanya meningkatkan kualitas pembalajaran. Sayangnya pembaharuan ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak mampu menyelesaikan akar dari permasalahan. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan dasar bertujuan untuk meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Pembaharuan pembelajaran sudah sangat baik untuk sebuah harapan perbaikan mutu pendidikan. Namun demikian kelemahan dalam penerapannya adalah guru sebagai pengajar masih miskin improvisasi. Langkah-langkah inovasi pembelajaran harus didukung pula oleh inovasi penggunaan alat peraga yang dapat  menarik dan  menantang siswa dalam pencapaian taksonomi pembelajaran.

Penulis mencoba mencari alternatif dari   model pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan dengan kolaborasi penggunaan alat peraga yang menarik sebagai tuntutan profesionalisme menghadapi perkembangan dunia pendidikan dalam sebuah tindakan nyata di lapangan (in action)  dan menyusunnya menjadi sebuah karya tulis yang berjudul “ Cara Mudah Menanamkan Konsep Dasar Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Papan Magnetik dan Permainan CD Warna di Sekolah Dasar”

SELENGKAPNYA CALL 081326911811/ EMAIL Z PASTI DIKIRIM

One response to this post.

  1. Posted by Yati Karwati on Oktober 20, 2010 at 12:48 am

    Hebat..euy kreatif…masih ingat gak…sama2 PGSD..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: