SKRIPSI: Membaca Cerpen

“PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF”

ABSTRAKSI

Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah pada prinsipnya agar siswa memiliki keterampilan berbahasa sesuai dengan konteks yang mencangkup empat aspek, yaitu terampil menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu aspek harus dimiliki siswa adalah keterampilan membaca. Beredasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian sebagai berikut : (1) apakah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon telah memiliki keterampilan membaca cerpen dengan baik sebelum uji coba pembelajaran ?; (2) apakah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon telah memiliki keterampilan membaca cerpen dengan baik setelah  uji coba pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif ? (3) efektifitas penggunaan pendekatan komunikatif  dalam  pembelajaran membaca cerpen. Adapun tujuan dari penelitaian ini adalah sebagai berikut : (1) mendapatkan data mengenai siswa kelas VII  SMP Negeri 9 Cirebon dalam membaca cerpen dengan menggunakan pendekatan komunikatif sebelun uji coba pembelajaran, (2) mendapatkan data tentang kemampuan siswa dalam membaca cerpen dengan menggunakan pendekatan komunikatif setelah uji coba pembelajaran, (3) efektifitas penggunaan pendekatan komunikatif dalam uji coba pembalajaran membaca cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon Tahun Ajar 2007/2008.

Hipotesis yang dapat penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon Tahun Ajar 2007/2008 telah menguasai bahan pembelajaan membaca cerpen pada kategori tergolong “baik sekali” setelah siswa mengikuti uji coba pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif, walaupun sebelum uji coba pembelajaran kemampuan siswa baru pada kategori “cukup”, sehingga pendekatan komunikatif efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan.

Metode yang digunakan dalam uji coba ini adalah metode eksperimen, sedangkan teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini adalah teknik: studi pustaka, teknik ujicoba pembelajaran dan teknik tes yang meliputi pretes dan postes.

Berdasarkan pembahasan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) rata-rata hasil nilai pretes adalah 5,6 atau 56 %sehingga tingkat kemampuan siswa pada kategori cukup dalam memahami bahan pembelajaran; (2) rata-rata hasil nilai postes adalah 8,0 atau 80 % sehingga tingkat kemampuan siswa mengikuti uji cooba pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif; (3) pendekatan komunikatif ternyata efektif untuk dugunakan dalam pembelajaran tersebut, karena dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Simpulan yang diperoleh adalah , siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cirebon tahun ajar 2007/2008 telah menguasai bahan pembelajaran membaca cerpen, yakni pada kategori baik sekali setelah siswa mengikuti uji coba pembelajaran dengan  menggunakan pendekatan komunikatif, walaupun sebelum uji coba pembelajaran kemempuan siswa baru pada kategori cukup. Sehingga pendekatan komunikatif efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan.

CALL 081326911811/ KOMENTAR (PASTI DIKIRIM Free)

About these ads

2 responses to this post.

  1. Posted by my_olanda on Januari 10, 2011 at 10:19 am

    aku pengen liat kajian teori yang bapak gunakan karena skripsiku juga punya judul yang sama, sayang sekali bapak hanya mencantumkan abstrak. kalau bapak berkenan, aku ingin tau teori apa saja yang bapak gunakan dan siapa saja pakarnya.. tolong dicantumkan pak..

    Balas

  2. Saya ingin melihat kajian teori membaca cerpen karena masih rancu antara membaca pemahaman cerpen dengan membaca apresiasi cerpen

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: