PTK: MEMBACA INTENSIF DI SD

Abstrak

Diat Ahadiat, Penerapan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Jadimulya Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2009/2010.

Pada saat ini dalam pembelajaran membaca khususnya membaca intensif yang dilakukan oleh guru masih jauh dari yang kita harapkan. Hal tersebut ditandai oleh: 1) kurangnya pemahaman terhadap isi bacaan; 2) kurangnya pemahaman terhadap penguasaan bahasa; 3) hilangnya antusiasme dan kegembiraan sewaktu proses pembelajaran membaca berlangsung. Pada sisi lain dalam kesulitan pembelajaran membaca intensif yaitu guru kurang memiliki kemampuan meciptakan iklim pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam membaca intensif.SELENGKAPNYA KLIK

Berdasarkan uraian di atas, penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian tentang peningkatan kemampuan membaca intensif dengan judul h : “Penerapan pendekatan kontekstual sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan  Membaca Intensif di Kelas VI SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon Tahun Ajar 2009/2010”.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan pendekaan kontekstual sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Karangsembung tahun ajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran membaca intensif dengan menggunaan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri I Karangmalang tahun ajaran 2009/2010.

Pelaksanaan penelitian ini diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan kepala sekola, guru mata pelajaran sejenis dan siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung observer mengamati jalannya proses pembelajaran. Temuan pada siklus pertama dijadikan acuan untuk perbaikan pada siklus II dan temuan pada siklus ke II dijadikan acuan untuk perbaikan pada siklus III.

Berdasarkan tindakan di atas dapat diperoleh data bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa dari rata-rata 65,62 pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 73,50 pada siklus II dan meningkat menjadi rata-rata 85,25 pada siklus III. Selain itu juga pendekatan kontekstual dapat meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dari 50 % menjadi 75% dan mencapai 100 % pada siklus III.

Berdasarkan analisis data yang disajikan, penulis dapat menyimpulkan bahwa Penerapan pendekatan kontekstual sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan  Membaca Intensif di Kelas VI SD Negeri 1 Karangmalang Kecamatan Karangsembung Jati Kabupaten Cirebon Tahun Ajar 2009/2010 efektif.

SELENGKAPNYA CALL: 081326911811

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: